4 Kunci Pengeluaran Bijak

by November 17, 2015 0 comments

4 Kunci Pengeluaran Bijak

4 Kunci Pengeluaran Bijak

Kunci untuk membangun kekayaan adalah dengan patuh terhadap anggaran dan membelanjakan uang dengan bijaksana. Apa saja yang termasuk pengeluaran bijak? Jika Anda membeli motor apakah itu bijaksana? Jika Anda makan setiap akhir pekan di restoran mahal apakah itu bijak?

Inilah penjelasan sederhanyanya. Membeli suatu benda bisa jadi bijak atau hanya membuang-buang uang. Contohnya jika Anda membeli motor baru untuk menghemat biaya trasportasi, dan sebagai kendaraan utama untuk mengantar anak-anak ke sekolah, maka ini adalah cara bijaksana membelanjakan uang. Tetapi kalau Anda membelinya hanya karena ada motor keluaran baru yang dikeluarkan pabrik Yamaha, sedangkan Anda sudah punya motor lain yang masih bagus, itu merupakan bentuk lain pemborosan.

Jadi kesimpulannya, pengeluaran yang bijak adalah pengeluaran yang memiliki alasan kuat di balik pembelian tersebut. Jika Anda tidak membelinya, ritme hidup Anda terganggu. Secara garis besarnya, terdapat empat kunci pengeluaran bijak yaitu : wajib, penting, bagus, dan tidak berguna. Setiap kali Anda berbelanja cantumkan kategori tersebut pada bukti pengeluaran belanja Anda.

Kategori pertama adalah pengeluaraan wajib. Suka atau tidak suka Anda wajib mengeluarkan uang tersebut. Pengeluaran wajib tersebut misalnya: belanja  sembako (beras, minyak sayur, gula, telur, lauk pauk, teh, kopi), biaya tagihan listrik, PDAM, gas, iuran kebersihan, iuran keamanan, biaya trasportasi, biaya paket internet/pulsa ponsel, dan iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Kategori kedua pengeluaran penting. Benda-benda yang dibeli dalam kategori ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Anda, misalnya: langganan koran, buku, speedy internet, tv kabel, biaya perawatan tubuh, biaya fitness, dan lain sebagainya.

Kategori pengeluaran ketiga adalah bagus. Pengeluaran dalam kategori bagus, yaitu menghibur keluarga Anda agar tidak jenuh. Misalnya : nonton film di bioskop sebulan sekali, makan di restoran, jalan-jalan ke tempat wisata, merayakan ulang tahun dan membelikan mereka hadiah pada hari istimewa tersebut.

Lalu apa saja yang termasuk kategori tidak berguna? Nah, itu sederhana sekali. Hal-hal apa pun yang tidak menambah keuntungan hidup Anda dan keluarga secara positif. Misalnya : merokok, memodifikasi motor matik Anda menjadi bertenaga 200 cc, mengganti knalpot menjadi racing (khusus untuk motor balap), kecuali Anda Jorge Lorenzo, atau Valentino Rossi dan ingin dikejar-kejar polisi lalu lintas. Hemat kata Anda membuang uang untuk sesuatu yang tidak berguna dan hanya menyusahkan diri Anda dan orang lain.

Empat jenis pengelompokan ini akan berbeda bagi tiap-tiap individu, apa yang wajib bagi Anda mungkin bagus untuk orang lain. Andsa harus berani jujur pada diri sendiri ketika mengelompokkan pengeluaran bijak ini. Jika Anda membelanjakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak berguna dan mengelompokkan  pembelanjaan tersebut dalam pengeluaran penting, maka Anda secara sadar merusak ritme hidup Anda. Misalnya : Anda membeli rokok satu dus sementara beras di rumah habis. Lewat artikel ini semoga Anda paham empat kategori pengeluaran bijak dan berani jujur pad diri sendiri. Selamat mencoba.

Baca artikel lainnya mengenai “Cara Melunasi Hutang

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.