5 Tips Menjemput Rejeki dari Bisnis Fotografi

5 Tips Menjemput Rejeki dari Bisnis Fotografi

by March 4, 2016 0 comments

Ketika Anda terkena PHK, bukan berarti rezeki Anda terputus. Bagi Anda yang memiliki hobby dan keahlian di bidang Fotografi, mungkin ini saatnya untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis fotografi. 

kamera-digital

Fotografi merupakan kegiatan yang menyenangkan , melalui foto Anda bisa mengabadikan berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar Anda. Misalnya: pernikahan, ulang tahun, liburan, dan lain sebagainya.

Berkat kecanggihan teknologi, saat ini semua orang bisa memotret lewat smartphone, namun peluang Anda sebagi fotografer tidak tertutup oleh maraknya kehadiran ponsel berkamera, moment-moment berharga seperti peristiwa pernikahan tidak bisa diabadikan dengan baik lewat ponsel berkamera, jasa fotografer masih sangat dibutuhkan untuk menghasilkan foto-foto yang indah agar kenangannya abadi sepanjang masa.
Jika Anda salah satu pecinta fotografi yang ingin berbisnis, di sinilah letak peluang Anda. Mulailah untuk memulai karier baru Anda di bidang fotografi utuk meliput suatu event. Anda bisa melakukan pekerjaan ini sendiri atau dibantu oleh seorang teman yang bebas ke mana saja tergantung orderan. Berikut langkah-langkah persiapan yang dapat Anda lakukan adalah.

 

  • Lengkapi berbagai peralatan fotografi Anda. Tidak harus membeli peralatan baru, yang penting kualitasnya baik. Sekarang ini banyak toko peralatan kamera yang menjual barang second dengan kondisi yang masih baik
  •  Tingkatkan pengetahuan dan skill Anda mengenai dunia fotografi, dengan membaca banyak buku referensi, artikel, maupun feature yang ada di media online, dan bergabunglah dengan komunitas fotografi di kota Anda untuk meng-up grade keterampilan dan melebarkan jaringan pertemanan Anda di bisnis ini.
  • Jalin relasi dengan pemilik studio foto, atau toko-toko yang menjual peralatan fotografi agar Anda mendapat discount ketika membutuhkan peralatan untuk memotret.
  •  Jalin relasi dengan pengelola tempat-tempat wisata agar Anda diperkenankan untuk memotret di sana pada hari akhir pekan ketika tempat wisata tersebut ramai dipadati pengunjung, misalnya : Taman Safari, Kebun Raya Bogor, Taman Mini, Dufan, dan lain sebagainya.

 

  1. Anda juga bisa menambah layanan Anda dengan menyediakan jasa Video atau bekerjasama dengan perusahaan Event Organizer.

Berikut perkiraan biaya dan pendapatan yang didapat dari jasa Fotografi :


Modal Awal :
–          Kamera Digital Pro   : Rp. 7.000.000
–          Peralatan Pendukung : Rp. 3.000.000
–          Tas Khusus                  : Rp.   500.000
TOTAL                                   : Rp. 10.500.000
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 thn dan memiliki nilai residu Rp. 1.000. Jadi biaya penyusutan per tahun : 10.500.000 – 1.000.000 / 4 = Rp. 2.375.000 / thn atau Rp. 197.916 ~ Rp. 200 rb/bln


Potensi Pendapatan :

  • Jasa dalam 1 bulan (estimasi 8 x panggilan selama 1 bln) : 1 juta x 8 = Rp. 8.000.000
  • Laba cetak foto (Rp. 50.000 x 8 panggilan) : Rp. 400.000

Total pendapatan        : Rp. 8.400.000

Pengeluaran :

  • Transportasi    : Rp. 500.000
  • Fee rekan kerja : Rp. 1.000.000
  • Biaya promo (cetak brosur & kartu nama) : Rp. 100.000
  • Penyusutan : Rp. 200.000
  • Perlengkapan : 250.000

Total Pengeluaran            : Rp. 2.050.000

Laba Bersih : Rp. 8.400.000 – Rp. 2.050.000 = Rp. 6.350.000 lumayan kan?

Jika Anda sudah memiliki pelanggan, tentunya potensi pendapatan tersebut akan lebih besar lagi. Agar jasa fotografi Anda bisa terus berkembang, jangan lupa sisihkan sebagian dari laba untuk membeli modal kerja yang lebih bagus, jangan seluruhnya dihabiskan untuk pengeluaran sehari-hari. Dengan bertambahnya modal kerja, usaha Anda akan terus berkembang. Siapa tahu kelak Anda memiliki studio fotografi sendiri.

Untuk langsung mendapatkan pelanggan yang bersedia menggunakan jasa kita tentunya tidak mudah pada awalnya. Berikut beberapa kiat untuk menggaet pelanggan :

  1. Ajukan penawaran fotografi kepada keluarga, kerabat, tetangga, dekat, dan sahabat-sahabat Anda khususnya bagi mereka yang akan menyelenggarakan acara pernikahan, ulang tahun, akikah, dan lain sebagainya.
  2. Jadilah anggota di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, Linkedin, dan Instagram. Update terus kegiatan yang Anda lakukan dan upload hasil jepretan sebagai langkah promosi dan menggaet pelanggan baru.
  3. Berikan layanan terbaik bagi pengguna jasa Anda, karena ini adalah salah satu cara untuk memperpanjang rantai promosi Anda. Jika pelanggan puas dengan hasil karya Anda, mereka secara sukarela akan mempromosikan jasa Anda kepada teman-teman terdekat mereka.
  4. Untuk alasan yang sama seperti di atas, buatlah database orang yang pernah menggunakan jasa Anda. Secara berkala atau di hari-hari khusus seperti Ulang tahun, Hari Raya, menjelang Liburan Sekolah, dll kirimkan SMS atau email.
  5. Anda juga dapat berpromosi melalui broadcast Whatsapp di ponsel, atau Line. Buatlah penawaran khusus atau potongan harga dalam iklan tersebut.

Selamat memulai karier Anda di dunia fotografi. Salam keuangan.

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.