Biaya Sekolah Anak Tak Perlu Menguras Gaji

by November 5, 2015 0 comments

Biaya Sekolah Anak Tak Perlu Menguras Gaji

Biaya Sekolah Anak Tak Perlu Menguras Gaji
Tidak ada kata terlambat untuk menyiapkan dana pendidikan anak, meskipun program wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan pemerintah  membuat orang tua terbebas dari biaya SPP, namun Anda tetap harus mempersiapkan biaya-biaya lainnya. Anda harus sigap dan bergerak cepat agar tabungan atau asuransi pendidikan yang terkumpul makin banyak. Ini harus Anda lakukan agar biaya sekolah anak tak perlu menguras gaji. Hal yang tak kalah penting, perhatikan juga hal-hal berikut ini.

- Sekolah yang Dituju

Diskusikan dengan pasangan dan libatkan anak Anda  mengenai sekolah yang dituju, pertimbangkan jarak rumah ke sekolah, jenis sekolahnya (sekolah Islam Terpadu, sekolah negeri, atau sekolah swasta), fasilitas yang tersedia, bagaimana kurikulumnya, prestasi sekolah, guru pengajarnya, dan apa saja kegiatan ekstrakulikulernya. Jangan ragu datang ke pameran pendidikan, dan banyak bertanya kepada teman-teman Anda, sehingga Anda punya banyak pilihan sekolah bagus, tidak mahal, dan lokasinya dekat dari rumah Anda.

Sekolah seperti apa yang dinginkan anak Anda? Sebab pilihannya terlalu beragam. Masing-masing sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah pilih sekolah bisa bikin runyam dan masalah berkepanjangan. Anak yang salah memilih sekolah tidak akan menyukai lingkungan arunya. Jadi penting sekali memilih sekolah berdasarkan keinginan anak bukan perdasarkan pilihan otoritas orang tua belaka.

- Lakukan Pemilihan Sekolah

Ajak anak untuk memilih sekolah tersebut, tanyakan segala sesuatu kepada pihak sekolah, minta penjelasan mengenai visi dan misi sekolah, dan cermati bagaimana visi misi tersebut tercermin pada diri anak-anak didik dan kurikulum sekolah tersebut. Kalau perlu cari sumber informasi dari sumber lain seperti kenalan, kerabat, internet, dan orang-orang di sekitar lingkungan sekolah.

Tak kalah penting, pilihlah sekolah yang menjadikan orang tua sebagai partner yang sama-sama berperan dalam memajukan dan mencerdaskan anak-anak didik. Pada umumnya pemilihan sekolah bisa dilakukan ketika sekolah mengadakan “pembukaan pendaftaran atau open house, menjelang tahun ajaran baru. Amatilah sekolah tersebut dan bertanyalah kepada anak dan orang tua yang telah menyekolahkan anaknya pada sekolah tersebut. Pada saat yang sama, lihatlah reaksi anak, kalau memang dia senang dengan sekolah tersebut, akan memudahkan dia untuk giat belajar jika tidak ajaklah anak Anda untuk melihat sekolah yang lain.

Hal khusus lainnya adalah pilihlah sekolah yang dekat dari rumah, untuk menghemat waktu perjalanan anak dan menghemat ongkos. Jangan memakskan diri menyekolahkan anak di sekolah mahal padahal kemampuan orang tua pas-pas-an. Solusinya adalah dengan mempersiapkan dana pendidikan anak jauh-jauh hari.

- Jangka Waktu

Tentukan jangka waktu yang Anda pilih untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Ingat, makin panjang jangka waktu yang Anda miliki, makin ringan pula beban untuk mengumpulkannya.

- Jenis Investasi

Kenali jenis-jenis investasi untuk mempersiapkan dana pendidikan anak Anda. Apakah berbentuk tabungan, reksadana, saham, asuransi pendidikan, ataupun emas. Jika Anda tidak mempersiapkan dana pendidikan anak dari jauh-jauh hari, Anda terpaksa berurusan dengan pegadaian untuk melunasi biaya pendidikan anak Anda.

Dalam menghitung biaya pendidikan anak perhatikan rata-rata kenaikan biaya pendidikan tiap tahunnya, kemungkinan berkisar 10-15 % per tahun. Selamat berburu sekolah terbaik bagi anak Anda dan mempersiapkan dana pendidikannya.

Salam Sukses Finansial,

Baca artikel lainnya mengenai “Membuat Penghasilan Selalu Cukup

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

Related Let's talk about money Articles

Similar Posts From Let's talk about money Category

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.