Do & Dont’s Saat Gajian

by October 21, 2015 0 comments

Do & Dont’s Saat Gajian

Do & Dont’s Saat Gajian

Gaji adalah uang sewa atas ilmu pengetahuan yang Anda dapatkan dari sekolah atau bangku kuliah. Setiap kali menerima gaji, hati Anda pasti senang, karena Anda memiliki uang untuk dibelanjakan, baik untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan Anda. Saat tanggal gajian tiba, tentu semua orang akan merasa senang. namun, sebaiknya Anda lebih hati-hati, karena jika tidak, jerih payah yang sudah Anda lakukan dalam sebulan, akan menguap begitu saja dalam seminggu. Tentu saja tak ingin hal ini menimpa diri Anda.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan (do) dan (don’t) jangan Anda lakukan saat gajian tiba. Mari simak dan ikuti kiat-kiat ini.

Do (lakukan ini) saat gajian

1. Hitunglah gaji Anda bulan ini dan pemasukan lain di luar gaji (proyek freelance), kemudian buatlah anggaran untuk memperkirakan jumlah pengeluaran Anda selama sebulan.

2. Belanja bulanan, pergilah ke mini market atau pasar tradisional untuk membeli kebutuhan sembako Anda selama sebulan, seperti : beras, gula, telur, teh, kopi, dan lain-lain.

3. Bayarlah tagihan rutin Anda, misalnya : tagihan listrik, tagihan PDAM, uang sekolah anak, dan lain-lain.

4. Transfer ke keluarga, kirimkan sebagian uang gaji Anda kepada ibu, ayah, adik, atau keponakan Anda seikhlasnya, sebagai bentuk rasa syukur. Betapa pun besarnya uang yang Anda berikan, Anda tak bisa membayar kebaikan dan ketulusan kedua orang tua dan keluarga terdekat Anda.

5. Jika Anda belum menikah dan masih tinggal di rumah orang tua, sisihkan 10- 30% gaji Anda untuk tabungan uang muka pembelian rumah.

6. Alokasikan 8 -10%  uang gaji Anda untuk tabungan.

7. Anggarkan 5 % dari gaji Anda untuk biaya rekreasi, seperti nonton film di bioskop, makan di cafe (jika prioritas utama sudah terpenuhi).

8. Anggarkan pula pengeluaran Anda untuk kebutuhan tak terduga seperti : biaya menengok teman yang sakit, biaya ke undangan pernikahan, biaya sumbangan dukacita, dan lain sebagainya.

9. Anggarkan uang gaji Anda untuk berinvestasi dalam berbagai bentuk, seperti: deposito, emas, reksadana, dan lain-lain. Pelajari dan cermati investasi tersebut sebelum Anda menanamkan uang Anda ke investasi tersebut.

10. Bersedekahlah, sishkan 2,5 % atau lebih karena sedekah membuat uang Anda  menjadi berkah, uang tersebut akan bermanfaat bagi Anda, dan orang-orang di sekitar Anda. Sedekah tulus Anda akan membuat Anda tersenyum, orang lain tersenyum, dan Tuhan pun ikut tersenyum.

Don’t (jangan lakukan ini) saat gajian

1. Hindari belanja yang berlebih, sebaiknya Anda berbelanja sesuai kebutuhan Anda bukan sesuai keinginan Anda.

2. Jangan bergaya hidup mewah, seperti : makan di cafe setiap malam, mentraktir teman, dan melakukan pemborosan yang tidak wajar.

3. Berbelanja melanggar anggaran yang telah ditentukan. Jika Anda berbelanja tidak sesuai anggaran, artinya ada kebutuhan penting yang telah Anda korbankan untuk memenuhi hasrat belanja Anda yang tak terencana.

4. Belanja sedikit-sedikit di warung dekat rumah. Kebiasaan belanja sedikit-sedikit di warung dekar rumah, membuat pengeluaran Anda membengkak, karena berbelanja bulanan di mini market atau pasar tradisional lebih murah daripada berbelanja di warung dekat rumah Anda.

5. Menunda melunasi utang-utang, kebiasaan menunda utang-utang ini akan menjadi tabungan masalah Anda di masa yang akan datang, misalnya : menunda pembayaran PBB, pajak tahunan kendaraan, dan biaya-biaya lainnya.

Salam Sukses Finansial,

Baca artikel lainnya mengenai “Fenomena Karyawan Suka Kasbon

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.