Kapan Saat yang Tepat Menukar Dolar?

by March 12, 2015

Kapan Saat yang Tepat Menukar Dolar?

Kapan Saat yang Tepat Menukar Dolar?

Dear Mbak Sari

Saya Antonio, karyawan di salah satu perusahaan properti di Jakarta. Saat ini kan rupiah terus melemah terhadap dolar Amerika, beberapa rekan saya melepas sebagian dolar miliknya untuk mendapatkan keuntungan. Ternyata, keuntungannya lumayan juga karena mereka membeli ketika rupiah masih di posisi Rp12.000.

Kebetulan saya juga punya tabungan dolar, tetapi saya masih ragu apakah akan mengikuti jejak teman kantor saya untuk menukar dolar ke rupiah. Apakah Mbak Sari punya tips tentang kapan sebaiknya mengambil keuntungan dari pelemahan nilai tukar rupiah?

Terima kasih

Jawaban :

Halo Antonio,

Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap USD hingga menyentuh angka 13.000 memang mencemaskan. Tapi bagi sebagian orang terutama yang memiliki simpanan dalam bentuk dolar, hal ini merupakan peluang untuk mendapatkan keuntungan sehingga menjadi salah satu pilihan investasi bagi mereka.

Kurs Rupiah terhadap USD tidak pernah tetap, selalu berfluktuasi. Kita tidak pernah bisa memprediksi apakah nilai Dolar akan naik terus atau malah turun lagi, karena fluktuasinya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti : neraca perdagangan antar ke 2 negara, situasi politik, kondisi ekonomi, bahkan sampai bencana alam. Jadi, kapan sebaiknya kita menukar USD ke dalam Rupiah? Selama menghasilkan keuntungan, yaitu harga pada saat membeli lebih rendah dari harga pada saat menjual. Jika selisihnya cukup lumayan maka Anda bisa melakukannya.

Yang perlu dipertimbangkan, jika dalam waktu dekat Anda  punya rencana untuk menggunakan transaksi menggunakan dolar (misal : berlibur ke luar negeri, di mana harga tiket & hotel menggunakan patokan USD), maka sebaiknya rencana penukaran ditunda atau hanya sebagian saja yang ditukarkan.
Atau jika Anda punya rencana untuk menyekolahkan anak di luar negeri, maka sebaiknya anda tetap meneruskan menabung dalam bentuk dolar untuk menjaga dari selisih kurs.

Transaksi jual beli maupun berinvestasi dalam mata uang asing memang dapat memberikan potensi keuntungan maupun kerugian. Tetapkan terlebih dahulu tujuan keuangan Anda sebelum memulai investasi.

Semoga sukses.

Baca artikel lainnya “Menyimpan Dolar AS Harus Punya Tujuan, Bukan Spekulasi!

 

Sari Insaniwati, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

Related Ask The Expert Articles

Similar Posts From Ask The Expert Category