Melunasi Hutang Kartu Kredit

by March 2, 2015

Melunasi Hutang Kartu Kredit

Melunasi Hutang Kartu Kredit

Pertanyaan :

Mbak Mike, saya mau tentang bunga kartu kredit. Misalnya nih Mbak, dari total tagihan, kita tidak membayar lunas tagihannya. Berapa yang aman supaya kita tidak terkena bunga yang terlalu besar karena kalau hanya bayar minimal (10%) itu bisa mencekik kena bunganya.

Sekian saja, Mbak.

Jawaban :

Halo Mbak Rani,

Kartu kredit seyogyanya didudukkan sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai alat bantu pembayaran dan bukan dianggap sebagai uang lebih. Karena itu cara terbaik dalam membayar tagihan kartu kredit adalah dengan melunasinya sekaligus. Disini memperbaiki cara anda berbelanja menjadi amat penting, sebab akan langsung berkaitan kebiasaan penggunaan kartu kredit itu sendiri. Sangat disarankan agar menetpakan prioritas pembelanjaan, mana yang harus diuatamakan dibandingkan yang lain. Pembelanjaan mana harus ada karena kebutuhan pokok dan mana yang bisa dipangkas karena sifatnya hanya memuaskan keinginan saja. Dengan demikian pembelanjaan dapat lebih terkendali dan jumlahnya dapat dijaga dalam suatu batas yang masih bisa anda bayar lunas.  Artinya untuk pembelanjaan anda sebenarnya tidak perlu menggunakan kartu kredit. Kan anda bisa membayarnya tunai dengan uang yang ada atau dengan kartu debet.

Kartu kredit sebaiknya digunakan hanya dalam kondisi darurat atau jika kita yakin akan dapat melunasinya pada saat jatuh tempo pembayarannya. Hal ini akan membuat kita terhindar dari beban bunga yang besar dan mencekik leher.

Namun bila mana Anda terlanjur berada dalam kondisi yang tidak dapat membayar seluruh tagihannya, usahakanlah paling tidak Anda menyisihkan sedikitnya 30% dari total pendapatan Anda untuk membayar tagihan hutang kartu kredit setiap bulannya (dengan catatan 30% dari total pendapatan Anda lebih besar dari jumlah minimum tagihan) dengan prioritas pelunasan pada tagihan yang mempunyai beban bunga terbesar. Lakukan secara disiplin sampai tagihan Anda lunas dan jangan membuat utang baru selama tagihan yang lama belum lunas.

Jika memungkinkan, carilah aset yang masih Anda miliki dan dapat dijual untuk mempercepat pelunasan tagihan Anda. Sebagaimana Anda ketahui, jika Anda tidak dapat melunasi tagihan secara penuh maka tagihan Anda akan berbunga dan bunga itu akan berbunga lagi, begitu seterusnya. Jadi, semakin cepat Anda dapat melunasi tagihan kartu kredit Anda maka semakin cepat Anda keluar dari lilitan bunganya yang mencekik leher.

Demikian saran saya. Selamat melunasi hutang.

Baca artikel lainnya mengenai Kredit Pemilikan Rumah  “Mengatasi Hutang

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

Related Ask The Expert Articles

Similar Posts From Ask The Expert Category