Memulai Bisnis Online

by November 23, 2015 0 comments

Memulai Bisnis Online

Memulai Bisnis Online

Mudah, murah, dan praktis kalau Anda ingin membuka lapak di dunia maya. Anda bahkan bisa mengelolanya sendiri dengan modal dengkul.Membuka usaha bisnis toko online memang bisa dilakukan semua orang, Cukup membeli domain atau membuat blog gratisan (blogspot, wordpress) dan membangun content situs yang menarik sesuai dengan produk yang dijual, maka Anda pun sudah seperti membuka toko 24 jam sendiri di dunia maya.

Tak perlu mengeluarkan energi begitu banyak untuk mengontak satu per satu calon pembeli Anda. Maksimalkan saja kualitas artikel, tampilan situs, dan pajang produk terbaik Anda, kemudian biarkan situs tersebut mengundang calon pembelinya. Toko online Anda tak perlu biaya etalase, listrik, PDAM, cukup biaya domain tahunan saja.

Bandingkan dengan biaya sewa ruko, yang mencapai 60 juta setahun atau lebih. Itu pun belum termasuk biaya operasional kantor dan biaya tagihan lainnya. Selain bisa dikelola sendiri, toko online juga menjangkau mancanegara bahkan dapat dilihat di negara mana pun. Daya tampung dan jam buka toko online Anda pun lebih banyak dan lama daripada toko konvensional di dunia nyata.

4 Langkah Praktis Membuka Toko Online

Berikut ini adalah empat langkah praktis dalam membuka toko online, yaitu:

1. Membuat website
Buatlah website Anda semenarik mungkin, agar pengunjung percaya dan membeli produk Anda. Lebih baik Anda gunakan situs berbayar daripada situs gratisan, untuk menambah kepercayaan calon pembeli Anda. Pilihlah nama website yang mudah diingat yang berhubungan dengan produk Anda, pajanglah foto-foto terbaik, dan cantumkan informasi detail tentang produk dan cara pemesanan barang. Kunjungilah beberapa website toko online yang sudah terlanjur sukses sebagai bahan inspirasi toko online Anda. Misalnya : bukalapak.com, tokopedia.com, olx.com, berniaga.com, dan lain-lain. Sebagai langkah awal, Anda juga bisa buka toko online di situs –situs tersebut.

2. Siapkan SDM yang memadai
Anda tak perlu piawai dalam pembuatan website, Anda hanya perlu tim dan system yang baik untuk mengelola website Anda, seperti : untuk memperbaharui harga, mendisplay produk, dan melakukan pengiriman barang. Berdayakan orang-orang terdekat di sekitar Anda, atau rekrut teman-teman Anda. Jika Anda ingin lebih hemat dalam mengelola website tersebut, gunakan saja jasa freelance sebagai solusi.

3. Pelayanan
Berikan pelayanan terbaik terutama dalam kecepatan merespon pelanggan, kualitas produk, dan ketepatan waktu pengiriman barang. Inilah kunci utama keberhasilan toko online. Pilihlah jasa pengiriman barang yang terpercaya dan berpengalaman bukan sekedar murah tapi selalu telat kirim. Pelanggan yang puas akan menceritakan hal ini kepada teman-temannya, sedangkan pelanggan yang kecewa akan berkicau di social media dan meruntuhkan wibawa website Anda.

4. Mental Baja Pengusaha
Usaha toko online harus ditekuni seserius toko offline, Milikilah mental baja pengusaha, pantang menyerah, konsisten dan sabar dalam pasang surut usaha. Boleh jadi bisnis pertama dan kedua Anda gagal, namun itu bukan akhir dari segalanya. Nadiem , CEO Go-Jek, sarjana lulusan Harvard, pernah gagal 5 kali sebelum akhirnya sukses dengan Go-Jek, perusahaan aplikasi layanan ojek online. Selamat memulai bisnis online.

Baca artikel lainnya mengenai “Membuka Bisnis Barang Elektronik

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.