Mengukur Tingkat Kemampuan Membayar Cicilan Hutang

by February 4, 2015

Mengukur Tingkat Kemampuan Membayar Cicilan Hutang

Mengukur Tingkat Kemampuan Membayar Cicilan Hutang

Mengukur Tingkat Cicilan hutang

Hutang bukanlah sesuatu yang menakutkan, asalkan kita sanggup mengelolanya. Jika demikian, maka fasilitas hutang justru akan sangat membantu kita. Misal untuk membeli rumah atau mobil dengan cara mencicil. Tapi ada juga hutang yang sama sekali harus dihindari oleh Anda, yaitu hutang yang membuat anda makin konsumtif. Apapun motivasinya jika sudah mempunyai hutang, maka anda harus mengembalikan berikut bunganya. Karena itu penting sekali mengetahui berapa besar kemampuan kita dalam membayar cicilan hutang. Sehingga memberi panduan mengenai tingkat keamanan yang wajar dalam memiliki hutang.

 

Jangan sampai cicilan hutang kelewat besar sehingga menyulitkan Anda membayar pengeluaran lainnya. Sebuah keluarga diharapkan bisa menjaga cicilan hutangnya hanya sebesar maksimal 30% saja dari penghasilannya pada periode yang sama. Untuk mengukur kemampuan membayar cicilan hutang bisa dihitung dengan menggunakan rumusan sebagai berikut:

 

22

 

Contoh perhitungan:

Jika total cicilan hutang per bulan sebuah keluarga (cicilan rumah, cicilan mobil, cicilan kartu kredit dll) besarnya Rp 6 juta, dan penghasilan keluarga tersebut Rp 10 juta, maka kemampuan keluarga tersebut dalam membayar cicilan hutang yang jatuh tempo adalah sebagai berikut :

33

 

 

Artinya 0,6 atau 60% dari penghasilan keluarga tersebut sudah dialokasikan untuk membayar cicilan hutang, sehingga tersisa 40% saja untuk membayar kebutuhan hidup lainnya. Jumlah cicilan hutang tersebut jauh lebih besar daripada yang disarankan yaitu sebesar 30% saja. Akibatnya bisa timbul kesulitan untuk membayar kebutuhan hidup lainnya. Dalam kondisi seperti ini, sangat disarankan untuk melakukan pelunasan sejumlah tertentu dari total saldo hutang agar beban cicilan hutang menjadi lebih ringan sehingga tingkat cicilan hutang mendekati tingkat yang lebih aman.

Baca artikel lainnya mengenai Mengatasi Hutang

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

Related Let's talk about money Articles

Similar Posts From Let's talk about money Category