Menjemput Rejeki Tambahan lewat Hobi

by October 21, 2015 0 comments

Menjemput Rejeki Tambahan lewat Hobi

Menjemput Rejeki Tambahan lewat Hobi

Sepulang kerja, dan di sela-sela waktu luang lainnya adalah peluang bagi para karyawan untuk menjalankan bisnis kedua mereka (freelance).  Ya, Anda dapat menjemput rejeki tambahan lewat hobi. Anda harus pandai membagi waktu dalam mengerjakan hobi ini. Mungkin saja bisnis kedua ini menjadi bisnis utama Anda setelah pensiun dari pekerjaan kantor. Berikut ini adalah beberapa peluang emas sesuai hobi Anda, yaitu:

Perangkai Kata

1. Blogger
Blogger adalah penulis buku harian digital yang jejaknya di web leluasa dibaca para pengunjung. Profesi blogger professional tau fulltime blogger masih aneh bagi masyarakat Indonesia. Menjadi profesi blogger professional pun bukan merupakan profesi idaman bahkan dalam pandangan blogger sendiri. Isi blog sesuai passionmu, undang para pengiklan, daftarkan blogmu ke Google Adsense, tuliskan opinimu, dan ikuti berbagai lomba menulis blog. Contoh penulis blog yang terkenal adalah Raditya Dika, blognya dibukukan dalam judul Catatan si Kambing Jantan.

2. Penulis Buku
Jangan takut menjual ide nyentrik Anda ke penerbit. Menjamurnya penerbit dan tingginya minat baca menjadi peluang emas bagi para penulis buku. Tulislah karya yang membuat dunia mengingatmu!

3. Editor
Kegemaran membaca buku, menulis patuh pada EyD akan membuat Anda terampil menjadi editor. Tugas editor adalah memperbaiki tulisan orang lain, memastikan semua data benar, dan sesuai aturan Eyd, dan memastika buku menjadi layak untuk diterbitkan.

4. Admin Web dan Media Sosial
Kini banyak situs, merek, dan perusahaan yang membutuhkan admin untuk mengelola media social mereka seperti facebook, twitter, instagram, linkedin, dan google+. Anda bertugas untuk berinteraksi dengan calon pembeli atau pelanggan setia produk perusahaan tersebut.

5. Travel Writer
Hobi jalan-jalan dan fotografi dalam Anda rupiahkan dengan menjadi travel writer, Anda bisa jalan-jalan gratis dan dapat fee untuk rtikel jalan-jalan yang Anda tulis.

6. Penerjemah
Pandai menulis dan menguasai berbagai bahasa asing? Penerbit buku membutuhkan penerjemah untuk buku-buku impor dari berbagai genre. Anda juga bisa menerjemahkan film-film baru yang membutuhkan terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Jago Memasak

1. Membuat Camilan
Mulailah dengan membuat camilan seperti pisang goreng, misro, combro, atau donat, kemudian titip jual camilan tersebut di warung yang dekat dari rumah Anda.  Jika sudah omset sudah cukup besar, Anda boleh membuka warung sendiri.

2. Toko Kue Online
Anda tak harus menyewa toko di pasar tradisional atau mall, buatlah kue yang unik, misalnya : keripik pedas rasa durian, pie dari peuyeum (tape). Pasarkan dalam halaman online, sertakan foto kue, dan keunggulan kue, otomatis seluruh dunia bisa berbelanja di toko kue online milik Anda.

3. Menjual Resep
Anda bisa menulis dan mengirimkan resep masakan atau kue Anda ke berbagai media massa. Feenya mengiurkan dan memacu Anda untuk lebih kreatif.

Salam Sukses Finansial,

Baca artikel lainnya mengenai “Tipe Pembelanja Seperti Apakah Anda?

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

Related Let's talk about money Articles

Similar Posts From Let's talk about money Category

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.