Menyiasati Problem Keuangan Setelah Pesta Akhir Tahun

by February 13, 2015

Menyiasati Problem Keuangan Setelah Pesta Akhir Tahun

Menyiasati Problem Keuangan Setelah Pesta Akhir Tahun

1. Hal apa yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan pesta tahun baru agar tetap meriah tapi juga berhemat?
Jika tiap tahun Anda liburan ke luar negeri atau ke luar kota, cobalah sesekali merayakan tahun baru di rumah. Apalagi stasiun teve pasti menyuguhkan acara-acara spesial di malam tahun baru. Supaya malam tahun baru Anda dan keluarga sukses, sediakanlah makanan kecil yang banyak dan bervariasi. Sebab adanya makanan camilan akan mengurangi keletihan dan kebosanan duduk di depan teve berjam-jam sambil menunggu tahun baru. Namun jangan mengandalkan acara tv, menyediakan sendiri film-film baru atau film lama kegemaran Anda, akan menambah hangat suasana.

Supaya suasana lebih meriah, Anda bisa mengundang saudara, tetangga, teman dan kalau perlu bikin acara barbeque bersama. Ngobrol dan begadang semalam suntuk sambil memanggang ikan, daging, sea food atau jagung, bersama mereka adalah cara menghabiskan tahun baru yang penuh keakraban. Anda tidak berada di suatu tempat yang asing melainkan bersama orang-orang yang Anda  kenal dan banyak berarti bagi Anda dan keluarga. Jangan lupa foto-foto atau rekaman videonya dan tentu saja..terompet tahun baru. Masalah biayanya bisa disiasati, jika jumlah orangnya terlalu banyak, maka Anda bisa mengusulkan untuk patungan saja. Dengan demikian, akan membantu meringankan biaya yang Anda keluarkan.

2. Bagaimana agar wanita yang suka pesta dapat mengatur masalah keuangannya dan safe hingga tidak kebobolan sampai akhir bulan?   
Pesta itu boleh dan sama sekali tidak dilarang,asal tidak berlebihan juga tidak melanggar norma dan aturan. Dalam pesta kita di perkenankan untuk bisa bebas lepas mengekspresikan diri. Ini justru bagus untuk terapi mengurangi stress, beban pikiran dan kepenatan kerja. Karena itu menghilangkan acara pesta sama sekali, malah tidak bijaksana. Terutama buat pehobi pesta. Anda hanya perlu memastikan untuk tidak terlalu sering melakukanya dengan mengurangi frekuensinya secara bertahap. Sisa waktu luang anda yang belum terisi, manfaatkanlah dengan melakuakn kegiatan ekspresi diri yang tidak kalah serunya. Untuk itu anda mesti merubah persepsi pesta dari benak anda. Misalnya anda merasa bahwa hanya pada pestalah anda bisa berdandan secantik-cantiknya, bertemu dengan pria-pria tampan, atau mendapat kawan baru. Terus terang deh, dalam keadaan paling semrawut pun anda tetap yang tercantik buat si Dia. Anda mungkin bisa surprise jika di perpustakaan nasional maupun kedutaaan asing juga toko buku ketemu pria 2 tampan dan intelek. Begitu juga kawan baru, jaman sekarang orang lebih banyak mendapat teman online dari pada kopi darat. Pesta yang penuh hura-hura dan menghamburkan uang makin ketinggalan jaman. Coba sesekali mengadakan pesta amal, charity event, atau donor darah untuk merayakan valentine…lebih seru kan. Mengubah persepsi ini, sesungguhnya tindakan yang efektif untuk membangun kebiasaan dan perilaku hemat terhadap uang, daripada dipaksakan melakukan penghematan yang tidak bertahan lama.

3. Kira-kira poin apa saja yang perlu dicermati agar dapat mengendalikan keuangan dengan baik, sehingga saat tahun baru bisa berpesta tapi juga juga dapat menabung?
Jika sudah jauh-jauh hari sudah menyiapkan dana pesta  akhir tahun, anda termasuk orang yang beruntung. Atau barangkali anda tidak secara khusus menyiapkannya, namun tiap bulan rajin menabung sehingga memiliki kelebihan dana. Itu boleh juga! Jika belum ada dananya tapi ingin pesta, itu namanya pas-pasan.

Poinnya adalah pesta akhir tahun bukanlah hal yang wajib, karenanya bisa dirayakan secara sederhana. Dananya bisa diambil dari gaji anda, sebab ada anggaran transportasi ke kantor yang tidak terpakai karena libur panjang. Dengan demikian dana pesta tahun baru bisa diadakan tanpa mengganggu anggaran tabungan atau anggaran lainnya.
Pon lainnya adalah tahun baru tidak harus dirayakan dengan liburan ke luar. Di rumah pun Anda bisa mendapatkan suasana liburan yang berkualitas. Sisa waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi ulang rumah, kamar si kecil, mengganti wallpaper dan lain sebagainya. Megerjakan hoby Anda yang tidak sempat dilakukan dihari biasa bisa menjadi sarana refreshing juga, atau berwisata ke tempat bersejarah di kota Anda yang belum pernah Anda kunjungi.

4. Tips menyiasati problem keuangan setelah pesta akhir tahun?
Pesta akhir yang menguras gaji anda dapat menimbulkan problem keuangan, sebab anda jadi kesulitan membiayai pengeluaran harian. Untuk keadaan darurat ini maka kita dapat mengambil tindakan darurat juga. Intinya adalah bagaiamana agar kita dapat bertahan hidup sampai menerima penghasilan kembali (gaji/penghasilan dalam bentuk lainnya). Tindakan tersebut adalah :
1. Hitung terlebih dulu berapa pengeluaran harian Anda.
2. Kalikan pegeluaran harian tersebut dengan sisa hari menuju gajian, anda akan mendapatkan jumlah total dana yang dibutuhkan untuk pengeluaran harian sampai tanggal gajian berikutnya.
3. Hitung berapa sisa gaji anda. Jika jumlahnya sama dengan nomor 2 atau bahkan lebih…so you’re fine.
4. Jika jumlah nomor 3 lebih kecil dari nomor 2, anda bisa mengambil selisihnya dari simpanan yang ada (tabungan,deposito, dll) jika ada. Jika tidak punya atau simpanan tersebut juga tidak mencukupi, lakukan penghematan pengeluaran harian sampai jumlah sisa gaji mencukupi.
5. Jika no.1 s/d 4 sudah dilakukan namun tidak memungkinkan juga (pesta apa an sih), silahkan menggunakan kartu kredit atau fasilitas pinjaman lainnya. Harap diingat segera lunasi begitu anda gajian.

Salam,

Baca artikel lainnya mengenai Traveling

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)