Pekerjaan vs Naik Gaji

by September 28, 2015 0 comments

Pekerjaan vs Naik Gaji

Pekerjaan vs Naik Gaji

Kebanyakan masyarakat kita berpendapat kalau bekerja itu untuk mencari gaji. Selanjutnya bingung mengapa sudah bekerja tetapi gaji kok susah naik. Ini terjadi karena orang bekerja hanya fokus pada mencari gaji besar, bukannya mengembangkan karir. Belum banyak yang memahami bahwa tujuan kerja adalah untuk mengembangkan karir untuk masa depan agar memiliki peluang mendapat gaji lebih tinggi ke depannya.

Mengutip dari carapedia.com, pekerjaan adalah sesuatu yang dikerjakan, dilakukan yang menjadikan hal tersebut sebagai sumber pendapatan seseorang. Sedangkan karir menurut Dewa Ketut Sukardi adalah sebagai suatu rangkaian pekerjaan-pekerjaan, jabatan-jabatan, dan kedudukan yang mengarah pada kehidupan dalam dunia kerja. Jadi, kesimpulannya adalah pekerjaan itu apa yang Anda lakukan. Sementara karir adalah apa yang Anda impikan, Anda akan melakukannya dengan sepenuh hati, menuangkan seluruh gagasan dan kerja keras.

Kalau karir Anda bagus, kemungkinan perusahaan akan mempromosikan untuk jabatan dan posisi yang lebih tinggi, gajipun lebih tinggi. Jika bekerja hanya berorientasi pada gaji semata tanpa mengembangkan karir, Anda bakalan terjerat pada rutinitas pekerjaan dan tidak memiliki motivasi untuk mengerjakannnya lebih baik. Yang penting selesai, cepat istirahat, cepat pulang. Yang perlu Anda pahami bahwa menyelesaikan pekerjaan Anda bukanlah prestasi, itu memang sudah kewajiban Anda. Bukankah Anda dibayar untuk itu ? Karir berarti Anda bekerja melebihi target, melebihi apa yang diharapkan. Menginginkan kenaikan gaji tanpa memperlihatkan prestasi sama saja seperti macan ompong mengaum. Suaranya menggelegar tapi tidak punya kekuatan. Memiliki pekerjaan memberikan Anda gaji, tetapi memiliki karir akan memberikan Anda kenaikan gaji.

Perusahaan dalam hal ini dapat membantu karyawan mereka memiliki karir yang baik dengan cara membangun budaya kompetisi kerja yang sehat. Filosofinya adalah kerjasama team di tiap group kerja dimana tiap orang memahami kekuatan dan kelebihannya masing-masing sehingga saling mengisi untuk mencapai target pekerjaan dan pada saat yang sama saling berkompetisi untuk meraih apresiasi.

Memiliki karir yang bagus adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan waktu, agar ringan menjalaninya berikut ini beberapa tips agar proses perjalanan karir Anda lebih menyenangkan :

1. Kembangkan ide, selesaikan pekerjaan dengan cara Anda. Kemajuan karir Anda bisa bergantung pada seberapa baiknya Anda memahami kepribadian Anda. Seseorang yang cenderung tertutup akan merasa lebih optimal dengan menyelesaikan 70%-90% pekerjaan sendiri. Sebaliknya orang berkepribadian terbuka selalu mencari cara untuk bekerja dalam team, sangat menyukai dinamika berbagi tugas dan berbagi tanggung jawab. Pekerjaan apapun bisa dilakukan oleh orang orang yang cenderung tertutup maupun terbuka. Sebab pekerjaan apapun dapat diselesaikan, terlepas dari suka atau tidak suka. Membangun karir yang sukses bukanlah tentang pekerjaannya tetapi bagaimana kita menyelesaikan pekerjaan tersebut dan bagaimana hasil yang ingin dicapai. Jangan takut untuk berbenturan dengan lingkungan, peraturan dan sistem dalam mencapai hasil yang lebih baik dengan cara Anda. Terobosan memang selalu mendobrak batas-batas. When its time for your carreer, sky is the limit.

2. Tentukan tujuan anda serta raih tujuan anda. Anda harus mengenali lebih jauh mengenai keinginan serta tujuan Anda dalam berkarir. Anda bisa membuat sebuah rencana, juga komitmen. Selain itu sertakan juga sebuah tindakan yang bisa Anda lakukan demi mencapai sebuah tujuan tersebut.

3. Cari Tahu Apa Yang Anda Kuasai. Banyak orang yang menghabiskan energi pada kelemahan mereka atau terlalu banyak iri dengan rekan kerja mereka. Jangan sampai hal itu terjadi karena tenaga Anda akan habis di sana. Fokus pada apa yang Anda kuasai, apa yang menjadi kekuatan Anda. Jika Anda masih belum tahu, tanyakan pada rekan kerja Anda. Gunakan kekuatan itu untuk melangkah ke depan.

4. Jalankan secara alamiah Orang yang career minded biasanya memiliki kemampuan untuk mempelajari hal baru dan menambah pengetahuan, tapi skill dan seberapa besar pengetahuan yang bisa dicapai tergantung individu masing-masing. Ada orang-orang yang memang praktis dan kreatif secara alami, sementara yang lainnya mungkin harus lebih memperbanyak kualifikasi formal. Sebaiknya memilih karir yang sejalan dengan sifat alami barulah berusaha keras untuk memiliki skill atau pengetahuan tertentu untuk meningkatkannya

Dalam berkarir kadang kala akan menemukan kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan, maka dari itu minta saran dari senior-senior Anda atau pun atasan Anda langsung. Pengalaman orang lain bisa menjadi petunjuk Anda, terutama jika pengalaman kerja Anda masih sedikit. Dengan bantuan orang lain, Anda akan lebih mengerti ‘medan perang’ dan lebih optimal dalam perkerjaan.

Salam Sukses Finansial!

Baca artikel lainnya mengenai Kesulitan Menabung

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.