Pengelolaan Keuangan Bagi Anak

by February 13, 2015

Pengelolaan Keuangan Bagi Anak

Pengelolaan Keuangan Bagi Anak

1. Ketika anak usia berapa orang tua sudah bisa mengajari anak untuk mengelola uang jajan?
Orangtua sebaiknya sudah mulai mendidik anak untuk mengelola uang jajannya semenjak si anak sudah mengenal dan melakukan jajan sendiri barang-barang yang diinginkannya, yang biasanya sudah mulai dilakukan ketika usia 4 tahun/usia playgroup.

2. Apa saja manfaat terhadap penerapan pengelolaan uang jajan?
Manfaat dari pemberian edukasi pada anak tentang pengelolaan uang jajannya, pastinya akan membuat anak dapat lebih menghargai uang dan barang-barang yang sudah dimilikinya. Manfaat lainnya adalah dari usia dini anak sudah diajarkan untuk membuat skala prioritas kebutuhannya, jadi ia membeli sesuatu bukan hanya karena keinginannya saja. Dan bahkan anak diajari untuk memahami bila ia menginginkan sesuatu, maka ia harus melakukan usaha dan pengorbanan lebih yaitu dengan cara menabung dan merelakan suatu kebutuhan lainnya untuk belum terpenuhi dahulu.

3. Bagaimana langkah awal untuk menerapkan pola disiplin anak dalam mengatur uang jajannya?
4. Bisa dicontohkan apa saja cara-cara sederhana untuk mengajak anak dalam mengelola uang jajan?
Jawaban no 3 & 4 Untuk membentuk karakter disiplin dalam mengelola uang pada anak-anak, pastinya butuh usaha keras dan waktu yang tidak sebentar. Cara yang bisa dilakukan oleh orangtua misalnya ketika anak merengek minta dibelikan sesuatu, berikanlah pemahaman kepadanya bahwa barang tersebut atau yang serupa sudah dimilikinya, sehingga ia sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada. Orangtua juga sebaiknya selalu memberi pemahaman pada anaknya untuk merawat dengan baik barang yang sudah miliki atau paling tidak menghabiskan makanan yang dibelikan orangtuanya. Tujuannya adalah agar anak dapat lebih menghargai apa yang sudah mereka dapatkan. Bila ternyata anak mengabaikannya, tidak ada salahnya sekali dua kali orangtua memberikan shock terapi dengan tidak membelikan lagi barang serupa ketika anak memintanya. Menabung dan menyisihkan uang sesuai pos-pos kebutuhannya juga merupakan langkah yang dapat dilakukan orangtua dalam memberi edukasi pengaturan keuangan pada anaknya. Dari sini anak akan diberi pemahaman bahwa bila ia menginginkan sesuatu, maka ia pun harus berkorban dan melakukan usaha yang lebih yaitu menabung, sebelum kemudian bisa merealisasikannya.

5. Bagaimana peran disiplin orang tua agar anak tetap mengelola keuangannya?
Bila orangtua menghendaki anak untuk dapat bertanggung jawab dalam mengelola keuangannya, maka mereka pun harus memiliki peran dan disiplin yang kuat agar anaknya mau berkomitmen. Cara yang paling sederhana dan efektif adalah dengan memberi contoh langsung pada anak tentang pengaturan keuangan yang bertanggung jawab. Bila orangtua melarang anaknya untuk membeli barang ataupun jajan barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukannya, maka orangtua pun harus melakukan hal yang serupa, karena pada dasarnya anak adalah peniru yang ulung dari kebiasaan dan tindakan orangtuanya.

6. Bagaimana dengan membuka rekening tabungan khusus untuk anak? seberapa penting kah dan sejak usia berapa sebaiknya anak dibukakan rekening?
Pembukaan rekening tabungan khusus untuk keuangan bagi anak sebenarnya bukanlah suatu hal yang mutlak harus dilakukan dalam mendidik anak untuk dapat bertanggung jawab dalam mengelola keuangannya. Namun hal tersebut diperlukan juga untuk memperkenalkan anak pada dunia perbankan dan transaksi keuangan yang pastinya dikemudian hari ia perlukan untuk aktivitasnya sehari-hari. Disini orangtuanya mengajarkan pada anaknya tentang adanya sebuah lembaga yang memungkinkannya untuk menyimpan uangnya dengan aman dan menariknya kembali apabila diperlukan. Bila anak sudah diperkenalkan sebelumnya dengan konsep menabung sebelumnya, dan kemudian dirasa sudah siap untuk diberi pemahaman dan pengalaman menabung yang lebih canggih, berarti anak tersebut sudah dapat diperkenalkan dengan dunia menabung di perbankan. Semakin belia usia anak akan semakin bagus bila ia sudah diperkenalkan dengan perbankan, namun perkiraan usia idealnya adalah ketika ia sudah mulai masuk SD. Namun agar dapat lebih mengontrol manajemen keuangan sang anak, sebaiknya anak hanya diberi akses untuk dapat menabung uangnya saja ke bank, sementara kartu ATM dipegang oleh orangtuanya. Bila si anak suatu hari membutuhkan menarik uangnya, maka barulah orangtua turut membantunya.

Salam,

Baca artikel lainnya mengenai Mengenalkan Pengetahuan Finansial Kepada Anak” 

 

Andy Nugroho, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)