Perencanaan Keuangan untuk Suami Istri

by November 18, 2015 0 comments

Perencanaan Keuangan untuk Suami Istri

Perencanaan Keuangan untuk Suami Istri

Keuangan adalah hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Ada banyak kehidupan rumah tangga yang berakhir dengan perceraian akibat masalah keuangan. Padahal dengan sikap terbuka dan pengertian sejak mengucapkan janji suci di hadapan penghulu semua masalah pasti ada jalan keluarnya, termasuk masalah keuangan. Ada baiknya Kita dan pasangan saling mengerti tentang kondisi keuangan masing-masing, ini adalah modal awal untuk membina keluarga bahagia.

Pada umumnya kebanyakan calon pengantin lebih fokus cara mewujudkan pesta pernikahan unik yang tidak akan dilupakan dalam seumur hidupnya, namun melupakan pengaturan keuangan setelah hidup berumah tangga. Kenyataannya untuk pasangan yang telah menikah ada tagihan-tagihan yang harus dibayar dan beberapa kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Permasalahan keuangan yang sering muncul dari pasangan suami istri berputar pada tiga hal, yaitu : pemasukan, pengeluaran, dan tabungan. Ketiga hal tersebut membutuhkan sikap terbuka antara kita dan pasangan untuk terjalinnya kehidupan rumah tangga yang harmonis. Keputusan untuk hal-hal yang bersifat perencanaan keuangan seperti membuka rekening bersama, memiliki kartu kredit, ikut program asuransi, dan memutuskan siapa yang memegang kas dan mengatur keuangan keluarga adalah sesuatu yang wajib dibicarakan bersama.

Anda dan pasangan perlu menyadari bahwa dua insan ini memiliki latar belakang yang berbeda dalam segala hal, dan besar kemungkinan pandangan kita tentang pengaturan keuangan akan tidak sama dengan Anda. Dengan saling terbuka dan jujur, kita dapat bertukar pikiran dan membahas masalah bersama. Kita juga bisa merencanakan siapa yang akan membayar tagihan, dan kebutuhan apa saja yang harus ditanggung bersama, ini harus didiskusikan sejak awal pernikahan.

Menentukan tujuan keuangan bersama adalah titik awal yang baik yang harus dilakukan setiap pasangan suami istri. Dari sana kita dan pasangan bisa menentukan apa yang ingin diwujudkan dan bagaimana cara mewujudkan impian tersebut. Pembicaraan ini akan mengarahkan Anda dan pasangan kepada perencanaan keuangan yang lebih jelas.

Hal pertama yang bisa Anda berdua lakukan adalah menuliskan pendapatan apa saja yang diterima  dan apa saja pengeluaran-pengeluaran rutin setiap bulannya. Anda berdua benar-benar harus terlibat penuh dalam tahap ini, berbagilah secara bijaksana tentang pendapat siapa yang lebih banyak digunakan untuk membiayai hidup, bicarakanlah cara memenuhi semua kebutuhan sesuai anggaran yang Anda berdua rencanakan. Jika setelah dihitung namun uang Anda berdua tidak cukup, maka perlu dicari solusi agar uang tersebut cukup dengan mencari penghasilan tambahan dan mengurangi pengeluaran yang bukan prioritas.

Pada akhirnya, Anda berdua harus melakukan evaluasi keuangan untuk menilai apakah Anda berdua sudah berbelanja sesuai anggaran atau anggaran keuangan sama sekali Anda abaikan. Satu hal penting dalam kehidupan keuangan keluarga, cobalah untuk tidak menuduh pasangan sebagai biang keladi, lebih baik mencari solusi masalah tersebut.

Tiga hal yang harus Anda berdua hindari adalah:

1. Membeli barang yang mahal tanpa memberitahu pasangan Anda terlebih dahulu.

2. Menyimpan pendapatan tambahan di luar gaji untuk kesenangan sendiri, tanpa memberitahu hal ini kepada pasangan Anda.

3. Menunda pembayaran utang, karena bunga kredit dan cicilan bulanan yang menumpuk bisa mengganggu arus kas keluarga Anda.

Selamat mengelola keuangan bersama pasangan.

Baca artikel lainnya mengenai “Keterbukaan Keuangan

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.