Tips Negosiasi Gaji

by October 22, 2015 0 comments

Tips Negosiasi Gaji

Tips Negosiasi Gaji

Apakah Anda sudah digaji dengan cukup sesuai UMR (Upah Minimum Regional)? Apakah Anda bekerja lebih rajin dari karyawan lainnya dan Anda melakukan pekerjaan yang merupakan tanggung jawab divisi lainnya? Membantu teman menyelesaikan laporan bulanan, membantu teknisi untuk meng-install komputer, membantu bagian keuangan untuk menyusun laporan pajak tahunan, membantu staf artistik untuk mengedit isi buku katalog, dan lain sebagainya.

Apakah Anda tahu berapa gaji yang diterima Anda di kantor lain? Apa saja fasilitas yang mereka dapatkan dan berapa tunjangan jabatan yang mereka terima? Apakah sama dengan yang Anda dapatkan atau berbeda? Jika gaji Anda tidak seimbang dengan hasil kerja yang Anda lakukan, maka Anda wajib membicarakan masalah ini dengan atasan Anda untuk negosiasi gaji Anda.

Setelah sekian lama bekerja, tentunya Anda menginginkan kenaikan gaji. Pada umumnya kenaikan gaji dilakukan manajemen perusahaan setiap tahun. Kenaikan gaji dilakukan untuk mengimbangi kenaikan inflasi, ini berlaku bagi semua karyawan, namun jika Anda ingin mengajukan diri untuk menaikkan gaji, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Lihatlah kondisi keuangan perusahaan, jika kondisi keuangan perusahan sedang baik, artinya dalam dua tahun terakhir laporan keuangan selalu mencapai laba, perusahaan sedang tidak memiliki pinjaman ke berbagai bank, dan saat itu mood atasan Anda sedang bagus, tidak ada salahnya jika mengajukan kenaikan gaji.

2. Jika atasan Anda menolak permintaan Anda, usahakan menawarkan rencana cadangan. Mintalah fasilitas lain. Misalnya : cuti tahunan, kenaikan tunjangan jabatan, atau fasilitas kendaran dari kantor untuk memaksimalkan kinerja Anda.

3. Jika tawaran Anda ditolak Anda harus bersikap tenang, perusahaan tetap akan menaikkan gaji Anda pada waktu yang ditetapkan pihak manajemen perusahaan. Memiliki satu sumber penghasilan adalah sebuah risiko, artinya Anda harus mencari pendapatan lain di luar gaji dengan menjual kemampuan terbaik Anda. Perlu diingat pekerjaan ini jangan membuat kinerja Anda di kantor menjadi menurun. Misalnya: Anda menjadi sering bolos, mengerjakan pekerjaan tersebut di kantor, dan memanfaatkan fasilitas kantor untuk pekerjaan tersebut.

Bagi Anda yang belum bekerja dan hendak melakukan negosiasi gaji dengan kepala HRD atau calon atasan Anda, inilah hal yang dapat Anda lakukan.

1. Jangan membicarakan gaji sebelum pewawancara menanyakan hal tersebut kepada Anda.

2. Buat daftar keahlian terbaik yang Anda miliki untuk ditawarkan kepada pewawancara dan calon atasan Anda.

3. Ketahuilah standar gaji minimal dari jabatan Anda.

4. Kenali kebutuhan wajib Anda dan pastikan bahwa kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan gaji minimal Anda, sebelum Anda bernegosiasi.

5. Ingat pula tunjangan pendukung lainnya seperti : tunjangan jabatan, tunjangan kesehatan (BPSJ Kesehatan), jaminan pensiun (BPJS Kenegakerjaan), yang merupakan tambahan atau satu paket dengan gaji Anda.

6. Jangan takut bernegosiasi, apalagi takut kehilangan kesempatan mendapatkan posisi ini. Bernegosiasilah dengan cara yang baik, dan tidak memaksakan kehendak.

7. Pastikan Anda mendapatkan penawaran dan persetujuan akhir dalam bentuk tertulis.

8. Apa pun hasilnya akhiri proses negosiasi gaji dengan baik, tampilkan wajah ramah Anda meskipun permintaan Anda ditolak.

Salam Sukses Finansial,

Baca artikel lainnya mengenai “Membuat Penghasilan Selalu Cukup

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.