Traveling

by February 12, 2015

Traveling

Traveling

• Persiapan apa saja yang diperlukan para traveler sebelum berangkat ke lokasi wisata?
1. Berapa hari kita akan melakukan perjalanan.
Rencanakan lamanya perjalanan yang akan kita lakukan. Dengan demikian akan memudahkan kita dalam mengatur secara efektif perbekalan serta uang yang akan dibawa.

2. Perencanaan tempat mana saja yang akan dikunjungi.
Dari rumah buatlah perencanaan tempat mana saja yang akan anda kunjungi. Bila anda belum pernah ketempat tersebut, tidak ada salahnya anda melakukan ‘riset’ kecil-kecilan untuk mengetahui tempat mana saja yang asik untuk dikunjungi. Tujuannya agar kita bisa memanfaatkan dengan efektif perjalanan kita dalam waktu yang relatif singkat. Info tentang lokasi yang bisa dikunjungi bisa anda dapatkan dari orang-orang yang pernah datang ke tempat tersebut, atau bisa juga anda tanya ke ‘mbah Gugel’ alias browsing di internet untuk mencari referensinya. Bila ternyata di lapangan ada tempat-tempat yang lebih asik diluar schedule yang sudah kita buat, jangan takut untuk merevisi jadwal perjalanan anda sepanjang masih memungkinkan dana dan waktunya. Daripada sudah sampai rumah terus nyesel looohh.. .

3. Persiapkan uang yang akan dibawa, termasuk untuk membeli oleh-oleh apabila diperlukan.
Bisa dibilang uang yang memegang peranan paling penting ketika kita akan melakukan suatu perjalanan. Ia yang kemudian menjadi penentu, dalam melakukan perjalanan kita akan menggunakan gaya ‘koper’ atau ‘ransel’. Hitung dari awal berapa pengeluaran yang harus kita persiapkan untuk menjalani seluruh rangkaian perjalanan anda. Apabila hendak bepergian ke luar negeri, perhitungkan juga kurs mata uangnya bila dibandingkan dengan rupiah. Buat juga daftar orang yang akan belikan oleh-oleh, sehingga uang kita bisa keluar dari dompet dengan lebih terkendali.

4. Persiapkan baju yang akan dibawa.
Baju menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan dari awal. Persiapannya harus matang, karena jangan sampai anda tidak nyaman beraktivitas mengunjungi tempat wisata karena kejadian salah kostum ataupun kehabisan baju bersih. Atur juga sedemikian rupa agar tas bawaan anda tidak hanya dipenuhi oleh baju semua. Apalagi kita juga ingin membeli oleh-oleh dan cinderamata juga bukan ?. Pilihlah baju yang sesuai dengan cuaca di tempat yang akan kita datangi. Cari baju yang simple, berbahan ringan dan bisa dikombinasikan antara satu sama yang lain sehingga kita tidak perlu terlalu banyak membawa baju.

5. Rencanakan akan menginap dimana selama perjalanan.
Segera booking dari sebelum berangkat hotel ataupun penginapan yang akan kita gunakan untuk bermalam lewat  internet dan telepon. Sehingga ketika tiba di lokasi kita tidak perlu pusing lagi untuk mencari tempat menginap. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget anda, dan pastinya dekat dengan lokasi anda ingin berkunjung.

6. Rencanakan transportasi yang akan digunakan.
Transportasi merupakan hal yang harus diperhitungkan secara matang sejak awal. Terutama bila transportasi yang akan digunkan akan menggunakan pesawat, bookinglah tiket anda jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga lebih murah.

7. Siapkan perijinan masuk ke lokasinya.
Beberapa lokasi wisata mensyaratkan adanya perijinan khusus bila kita ingin memasukinya. Apalagi bila kita hendak bepergian ke luar negeri yang membutuhkan pembuatan visa, perhitungkan pula waktu pembuatan visa tersebut. Sehingga jangan sampai sudah waktunya anda berangkat visa belum ditangan.

8. Pelajari budaya lokal.
Ini adalah hal yang menurut saya sering terlupakan atau bahkan diabaikan oleh para traveler, padahal hal ini termasuk yang menentukan akan menjadi nyaman atau tidaknya kita dalam menjalani perjalanan kita. Ada tempat–tempat ataupun negara yang memang memiliki adat istiadat tertentu yang pantang untuk dilanggar,sehingga para turis pun harus mengikuti ketentuan tersebut. Sebelum berangkat coba cari tahu dulu adat dan kebiasaan masyarakat yang akan kita datangi lewat berbagai macam referensi, sehingga kita tidak dianggap melanggar aturan ketika ada di tempat tersebut.

9. Jangan lupa dokumentasikan.
No picture = hoax adalah ungkapan yang belakangan sering kita dengar. Artinya bila ada suatu berita heboh namun tidak ada foto sebagai buktinya, orang bisa saja menganggap berita itu bohongan. Sama saja ketika kita mengaku sudah pernah ke tempat ini, ke tempat itu, tapi tidak ada bukti fotonya, maka akan kurang seru juga kan?. Untuk itu persiapkan kamera anda, termasuk juga batere nya sehingga jangan sampai waktu liburan masih lama tapi baterenya sudah habis.

10. Telepon.
Di era informasi seperti sekarang ini, jangan pernah melupakan untuk membawa telepon. Pastikan pulsa anda cukup untuk sekedar mengirim sms atau melakukan panggilan. Atau paling tidak gunakan internet untuk sekedar memberi kabar orang di rumah bahwa anda baik-baik saja.

• Pos-pos dana apa saja yang perlu disiapkan?
1. Dana untuk transportasi selama perjalanan
2. Dana untuk menginap
3. Dana untuk makan sehari-hari dan snack selama perjalanan.
4. Dana untuk membeli oleh-oleh
5. Dana untuk telepon
6. Dana darurat.

• Prioritas apa saja yang menjadi penting saat sedang traveling?
Makan, penginapan, transportasi, alat komunikasi.

• Bagaimana mengatur budget atau dana ketika aneka cinderamata menggoda untuk dibeli?
Dari awal sebelum berangkat, alokasikan dahulu berapa banyak dana yang akan digunakan untuk berbelanja cenderamata. Kalau perlu catat siapa saja teman yang akan di belikan oleh-oleh dari tempat anda berwisata. Sesuaikan anggarannya dengan budget perjalanan anda, jangan sampai karena kebanyakan membeli cinderamata anda harus puasa tidak makan ataupun tidak bisa pulang karena sudah kehabisan uang. Bila anda traveling menggunakan pesawat, perhitungkan juga barang belanjaan yang anda beli agar tidak mengalami over weight ketika akan masuk bagasi.

• Perlukah memakai dana cadangan atau penggunaan kartu kredit saat melakukan wisata belanja?
Bila masih bisa dihindari sebaiknya dana cadangan atau kartu kredit jangan digunakan. Namun apabila keadaan sangat mendesak dan darurat ya apa boleh buat. Contoh anda kecopetan sehingga uang cash habis dan yang ada tinggal kartu kredit. Atau semisal biaya transportasi membengkak sehingga untuk pulang pun kurang, anda bisa gunakan dana darurat tersebut.

• Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat seseorang sedang melakukan perjalanan wisata, apalagi ketika dalam waktu panjang?
Pastinya adalah persiapan dana. Pastikan uang yang kita bawa cukup untuk biaya hidup dan transportasi kita selama melakukan traveling, sehingga kita tidak perlu menjadi gelandangan di tempat asing. Bila bepergian ke luar negeri, pastikan juga ijin tinggal kita tetap berlaku, sehingga kita tidak perlu berurusan dengan aparat di negara lain apalagi sampai ditahan karena dianggap pendatang gelap.

Simak juga artikel mengenai mempersiapkan dana liburan Dana Penghiburan

 

Andy Nugroho, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)

Related Ask The Expert Articles

Similar Posts From Ask The Expert Category