Wealth Management


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/kemandirianfinan/public_html/wp-content/themes/fraction-theme/functions/thumbs.php on line 9
by February 12, 2015

Wealth Management

Wealth Management

Pertanyaan :

Saya dan adik-adik mewarisi harta peninggalan orang tua yang cukup besar. Terdiri dari saham di beberapa perusahaan, sejumlah properti komersial, surat-surat berharga, sejumlah rekening di bank dalam dan luar negeri. Juga ada beberapa lukisan dan perhiasan langka. Orang tua saya juga aktif berderma dengan mendirikan rumah sakit, panti asuhan juga pesantren. Karena di kelola profesional, bahkan kegiatan sosial tsb turut memberikan penghasilan pada orang tua saya. Mendapat amanat yang begitu besar, saya khawatir salah mengelola, apalagi kesibukan saya makin meningkat. Karena sudah berkeluarga juga mengurus bisnis saya sendiri. Saya ingin agar harta yang saya miliki bisa diwariskan tidak saja ke anak cucu bahkan masyarakat luas melalui berbagai program sosial. Bank saya menganjurkan agar menggunakan jasa wealth management. Bagaimana mereka bisa membantu saya? Mohon saran Anda.

Adi Singgih
P. Antasari  – Jakarta

Jawaban :

Pak  Adi di Antasari

Salah satu permasalahan keuangan yang menimpa segolongan orang adalah disebabkan kelebihan uang, karena mengelola harta kekayaan dalam jumlah besar memang bisa menjadi amat kompleks. Contohnya, bagaimana mengelola resiko dan portofolio kekayaan yang mampu memberikan nilai tambah sekaligus perlindungan. Kemudian bagaimana  mengakomodir keinginan yang berbeda antara pribadi dan keluarga terhadap isu finansial dan segala aspek yang terkait. Bagaimana juga mengarah pada kegiatan-kegiatan sosial yang terintegrasi dengan strategi pengelolaan kekayaan dan investasi. Apakah koleksi benda seni tetap harus menjadi milik keluarga atau menjadi bagian dari peninggalan sejarah masyarakat? Juga pemikiran mengenai keberadaan serta dampak potensial kekayaan tersebut bagi generasi selanjutnya. Bagaimana memastikan bahwa keberadaan harta tersebut dapat meningkatkan keharmonisan hubungan kekeluargaan daripada menjadi sumber pertikaian. Semua itu tentunya bukan persolan mudah. Terutama bagi mereka yang sudah berhasil mencapai ukuran kesuksesan finansial tertentu, maka begitu banyak kesempatan dan pilihan investasi yang ada membutuhkan perhatian yang lebih fokus. Sebab keputusan keuangan yang dikerjakan sambil lalu bisa saja menguntungkan namun lebih cenderung bisa merugikan dalam jumlah yang cukup substansial.

Anda mungkin sudah bertemu dengan berbagai pihak yang telah mengurus harta kekayaan orang tua Anda sebelumnya. Mulai dari akuntan, konsultan pajak, pengelola pesantren, pihak bank, notaris, dan lain-lain. Namun informasi yang diberikan hanya terbatas seputar dana kelolaan yang diamanatkan saja. Jika informasi-informasi terpisah ini tidak disatukan, dikhawatirkan keputusan keuangan di satu bagian akan berdampak negatif di bagian lain.

Orang-orang kaya beserta keluarga mereka seringkali berhadapan dengan berbagai masalah kelebihan uang ini. Karena itu sebuah layanan jasa Wealth Management harus dimulai dengan visi kliennya. Apa yang diharapkan ingin dicapai secara pribadi dan secara profesional, nilai-nilai kehidupan apa yang ingin diwariskan kepada keluarga dan juga masyarakat. Dari sini, wealth manager akan dapat memproyeksikan gambaran keseluruhan bangunan finansial Anda. Bekerjasa sama dengan Anda, maka wealth manager dari waktu ke waktu menyusun strategi investasi yang secara konsisten menunjang pencapaian tujuan-tujuan keuangan juga aspirasi pribadi Anda dan keluarga.
Wealth manager juga harus mampu bekerja sama dengan para konsultan yang sudah Anda gunakan sebelumnya demi memberikan serangkaian solusi permasalahan keuangan Anda yang terintegrasi dengan baik satu sama lain. Layaknya wealth management harus dapat mengerti, memahami dan mempelajari keinginan Anda secara spesifik dan memberikan perhatian secara pribadi. Tidak hanya mengenai services belaka, tetapi juga termasuk return on investment, keamanan, kenyamanan dan lainnya. Jika Anda ingin memilih mana yang terbaik, pastikan wealth management Anda minimal mempunyai 4 layanan berikut ini, antara lain :

1. Layanan transaksi perbankan lengkap dengan pendekatan pribadi.
Kemudahan  melakukan berbagai transaksi keuangan dengan pendekatan yang ‘personalized dan customized’ sesuai dengan kebutuhan dan kemauan Anda. Umumnya setiap nasabah  Wealth Management akan dilayani dan didampingi oleh Relationship Manager khusus dalam memanfaatkan jasa dan layanan perbankan yang sangat beragam, baik dalam hal transaksi perbankan  hingga hal-hal yang bersifat non-banking.

2. Layanan Jasa Konsultasi Tenaga Ahli.
Layanan khusus untuk memberikan panduan dan saran-saran pada masalah-masalah spesifik tertentu, misalnya membuat akta waris, membuat perjanjian pra nikah, mengisi SSPT Pajak Pribadi, pembelian property, penilaian benda-benda seni, sampai kegiatan sosial. Wealth Management diharapkan dapat menyediakan fasilitas minimal menghubungkan Anda dan mengkoordinasikan para tenaga profesional seperti akuntan publik, notaris, konsultan pajak, pengacara, analys property, kurator, badan amal infaq dan sedekah, sampai lembaga wakaf juga Trust Fund.

3. Perencanaan Keuangan.
Layanan ini diberikan untuk membantu Anda  merencanakan keuangan secara efektif dan meningkatkan nilai tambah bagi kekayaan bahkan untuk generasi berikutnya dikemudian hari. Anda dapat mempercayakan pengelolaan keseluruhan portofolio kekayaannya (harta & hutang) baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang, baik yang bersifat physical asset maupun financial asset. Layanan ini meliputi, perencanaan investasi, perencanaan bisnis, perencanaan distribusi kekayaan, perencanaan pensiun dan hari tua, perencanaan asuransi, perencanaan biaya pendidikan, perencanaan optimalisasi pajak dll.

4. Fasilitas & Akses Transaksi Investasi Pribadi.
Tersedianya akses dan fasilitas ke berbagai transaksi investasi bagi Anda untuk melakukan investasi pada instrumen Pasar Uang, Pasar Modal, Bancasurance, Property, Bursa Komoditi, instrumen derivatif dan produk investasi khusus lainnya (tailor made product). Wealth Management sebaiknya juga dapat menyediakan fasilitas Laporan (Portfolio Report) dan Weekly Research mengenai kondisi investasi secara mikro maupun makro sebagai referensi Anda dalam mengambil keputusan investasi.

Semoga bisa membantu Anda dan selamat memilih dan menggunakan jasa wealth management.

Simak juga artikel tentang bagaimana mengelola warisan “Mengelola Warisan

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You – Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/kemandirianfinan/public_html/wp-content/themes/fraction-theme/functions/thumbs.php on line 9

Related Ask The Expert Articles

Similar Posts From Ask The Expert Category

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/kemandirianfinan/public_html/wp-content/themes/fraction-theme/functions/thumbs.php on line 9

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/kemandirianfinan/public_html/wp-content/themes/fraction-theme/functions/thumbs.php on line 9

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/kemandirianfinan/public_html/wp-content/themes/fraction-theme/functions/thumbs.php on line 9